Sabtu, 04 Mei 2013

RENCANA PEMBELAJARAN TEMATIK


RENCANA PEMBELAJARAN TEMATIK
Pertemuan 1 dan 2
TEMA                                              : RUMAHKU
KELAS /SEMESTER                       : 3 (Tiga)
WAKTU                                           : 2  kali pertemuan @ 5 JP/hari (2 hari)

I.   KOMPETENSI DASAR
§  Agama, disesuaikan dengan karakteristik sekolah.
§  Mengenal aturan – aturan yang berlaku di lingkungan masyarakat sekitar. (Pkn)
§  Menyebutkan contoh aturan – aturan yang berlaku di lingkungan masyarakat sekitar.
§  Melaksanakan aturan – aturan yang berlaku di lingkungan masyarakat sekitar.
§  Melakukan penjumlahan dan pengurangan tiga angka. (Matematika)
§  Memainkan alat musik ritmis sederhana. (Seni-Budaya dan Keterampilan: Musik)
§  Menyanyikan lagu wajib, lagu daerah dan lagu anak – anak dengan atau tanpa iringan sederhana.
§Menceritakan pengalaman yang mengesankan dengan menggunakan kalimat yang runtut dan mudah dipahami. (Bahasa Indonesia: Berbicara)
§  Menjelaskan urutan membuat atau melakukan sesuatu dengan kalimat yang runtut dan mudah dipahami.
§  Membaca nyaring teks (20 – 25 kalimat) dengan lafal dan intonasi yang tepat. (Bahasa Indonesia: Membaca)
§  Menyusun paragraf berdasarkan bahan yang tersedia dengan memperhatikan penggunaan ejaan. (Bahasa Indonesia: Menulis)
§  Mengidentifikasi sifat-sifat benda berdasarkan pengamatan meliputi benda padat, cair dan gas. (IPA)
§  Menceritakan lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah dan sekolah. (IPS)
§  Memelihara lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah.
§  Membuat denah dan peta lingkungan rumah dan sekolah.
§  Mempraktikkan kombinasi berbagai pola gerak jalan dan lari dalam permainan sederhana, serta aturan dan kerjasama. (Orjaskes)
§  Menjaga kebersihan pakaian.
§  Mengenal kebutuhan tidur dan istirahat.

II.  INDIKATOR
§  Mengenal aturan yang berlaku di rumah agar lingkungan rumah bersih, nyaman dan sehat. (Pkn)
§  Menyebutkan contoh aturan yang berlaku di rumah yang bersih dan sehat.
§  Melaksanakan aturan yang berlaku di rumah.
§  Melakukan penjumlahan dan pengurangan tiga angka secara bersusun pendek. (Matematika)
§  Melakukan penjumlahan dan pengurangan tiga angka secara bersusun panjang.
§  Melakukan penjumlahan dan pengurangan tiga angka melalui soal cerita.
§  Memainkan alat musik ritmis sederhana. (Seni-Budaya dan Keterampilan: Musik)
§  Menyanyikan lagu wajib, lagu daerah dan lagu anak – anak dengan atau tanpa iringan sederhana.
§  Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman dan petunjuk dengan bercerita. (Bahasa Indonesia)
§  Memberikan tanggapan/saran menggunakan kalimat yang runtut dan mudah dipahami.
§  Menjelaskan urutan membuat atau melakukan sesuatu dengan kalimat yang runtut dan mudah dipahami.
§  Menceritakan pengalaman yang mengesankan dengan menggunakan kalimat yang runtut dan mudah dipahami.
§  Memahami teks dengan membaca nyaring, membaca intensif dan membaca dongeng.
§  Menyusun kalimat berdasarkan pengalaman yang diamati.
§  Mengidentifikasi benda padat, cair dan gas yang ada di rumah. (IPA)
§  Mengidentifikasi benda yang terbuat dari plastik, kayu, kaca dan kertas yang ada di rumah.
§  Menjelaskan kegunaan benda plastik, kayu, kaca dan kertas yang ada di rumah.
§  Mengidentifikasi lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah. (IPS)
§  Memelihara lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah.
§  Membuat denah dan peta lingkungan rumah.
§  Mempraktekkan kombinasi gerak dasar melempar, menangkap dan menendang dengan koordinasi yang baik dalam permainan sederhana, serta aturan dan kerjasama. (Orjaskes)
§  Menjaga kebersihan pakaian.
§  Mengenal kebutuhan tidur dan istirahat.

III. LANGKAH PEMBELAJARAN
1.   Kegiatan Awal/Pendahuluan
a.        Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan keyakinan masing-masing.
b.        Bertanya jawab tentang kegiatan siswa ketika bangun pagi (di rumah) dikaitkan dengan kebersihan tubuh.
c.        Mengajak siswa menyanyikan lagu “bangun tidur” sambil menggerakkan anggota badan sesuai dengan syair lagu. (Orjaskes, Se-Bud)
d.        Setelah selesai bernyanyi, siswa diajak bertanya jawab tentang kegiatan-kegiatan apa saja yang dilakukan siswa seperti dalam syair lagu, dan dikaitkan dengan kebiasaan yang ada di keluarga (misalnya siapa yang biasanya mandi cepat, siapa yang mandi dulu dsb). (Orjaskes, BI, IPS dan PKn)
e.        Menginformasikan tema yang  akan dipelajari bersama (Rumahku).


2.    Kegiatan Inti
(Pendekatan Cooperative Learning dengan Teknik Number Head Together/NHT)
a.        Bertanya jawab tentang aturan di rumah sejak bangun pagi hari sampai akan berangkat ke sekolah dan tentang cara-cara agar rumah tetap bersih. (PKn, IPS, IPA dan BI)
b.        Bersama-sama siswa mengidentifikasi aturan-aturan yang berlaku di setiap keluarga masing-masing siswa. (PKn, BI)
c.        Semua siswa ditugaskan menulis di buku masing-masing hasil identifikasinya. (BI, IPS dan PKn)
d.        Semua siswa diajak mengamati gambar suasana kerja bakti di rumah (halaman 30), dilanjutkan dengan bertanya jawab: Apakah siswa pernah melaksanakan kerja bakti di rumah? Apa saja yang dilakukan dalam kerja bakti itu? (PKn, BI, IPA, IPS)
e.        Menugaskan siswa secara bergantian untuk membaca wacana ”Rumahku bersih dan nyaman”  dengan keras bergantian (tidak perlu sampai habis) dan semua siswa yang lain menyimak serta mendengarkan.
f.         Setelah selesai membaca, dilanjutkan dengan bertanya jawab isi bacaan dan mengidentifikasi  macam-macam bagian-bagian rumah yang harus dibersihkan.
g.        Semua siswa ditugaskan untuk menuliskan inti bacaan (pokok-pokok yang terkait dengan lingkungan rumah yang bersih dan nyaman).
h.        Siswa diberi kesempatan memberikan pendapat, komentar tentang kebersihan lingkungan rumah dalam bacaan dikaitkan dengan suasana di rumah masing-masing siswa. (PKn, BI, IPS, IPA, Mat)
i.          Menugaskan semua siswa untuk berkelompok dengan teman sebangkunya (berdua) dan masing-masing siswa saling menceritakan aturan apa saja yang ada di rumahnya sendiri, bagaimana supaya rumahnya bersih dan sehat.
j.          Siswa mencatat, menuliskan macam-macam aturan tersebut di bukunya masing-masing.
k.        Setelah semua siswa mempunyai catatan, dilanjutkan dengan diskusi dengan teman dua bangku (berempat) dan masing-masing siswa menceritakan hasil diskusi (ketika berpasangan berdua) dibandingkan dengan pasangan lain. (BI, PKn, IPS, IPA, Mat)
l.          Seluruh kelompok (siswa berempat) diminta untuk menghitung dirinya sendiri (1 sampai dengan 4) dan masing-masing siswa diyakinkan memiliki catatan hasil diskusi.
m.       Guru memanggil salah satu nomor untuk membacakan atau melaporkan  hasil diskusinya.
n.        Siswa lain diberi kesempatan untuk memberikan komentar/pendapat disesuaikan dengan hasil diskusinya sendiri.
o.        Setelah selesai berdiskusi, semua siswa kembali ke posisi duduk semula kemudian  guru memberikan klarifikasi tentang cara-cara agar rumah menjadi bersih dan nyaman dan cara agar semua anggota keluarga di rumah saling membantu serta bekerjasama membersihkan lingkungan sekitar (baik di rumah maupun di sekolah).
p.        Guru juga menjelaskan supaya tanaman di lingkungan rumah dapat tumbuh subur harus dirawat dan disiram dengan rajin agar dapat menambah indahnya lingkungan rumah.
q.        Akhir pelajaran guru menugaskan semua siswa untuk membentuk kelompok dan setiap kelompok membuat/menulis benda yang bermanfaat untuk kebersihan.

3.    Kegiatan Akhir/Penutup
a.        Bersama-sama siswa menyimpulkan hasil belajar sesuai dengan hasil klarifikasi.
b.        Bertanya jawab untuk mengetahui penguasaan materi yang telah dipelajari selama pembelajaran (evaluasi hasil belajar).
c.        Memberikan tugas PR untuk mengidentifikasi aturan-aturan yang ada di rumah terkait dengan sekolah.

IV. ALAT DAN SUMBER BELAJAR
1.        Gambar-gambar tentang rumah yang bersih dan nyaman.
2.        Lingkungan keluarga.
3.        Buku teks siswa (Bahasa Indonesia, PKn, IPA/Sains, Matematika, Orjaskes, Seni-Budaya dan Keterampilan, IPS dan Agama).
4.        Kurikulum mata pelajaran (Bahasa Indonesia, PKn, IPA/Sains, Matematika, Orjaskes, Seni-Budaya dan Keterampilan, IPS dan Agama).

V.  PENILAIAN
1.        Penilaian lisan.
2.        Penilaian tingkah laku (pengamatan).
3.        Penilaian produk.
4.        Penilaian portofolio.
5.        Penilaian tertulis obyektif.
6.        Penilaian tertulis subyektif.
7.        Penilaian unjuk kerja.

Mengetahui,                                                                        Guru Kelas 3


Kepala Sekolah

Tidak ada komentar :

Posting Komentar