RENCANA PEMBELAJARAN TEMATIK
Pertemuan 1 dan 2
TEMA
: RUMAHKU
KELAS
/SEMESTER
: 3 (Tiga)
WAKTU
: 2 kali pertemuan @ 5 JP/hari (2 hari)
I. KOMPETENSI DASAR
§ Agama, disesuaikan
dengan karakteristik sekolah.
§ Mengenal aturan – aturan yang berlaku di lingkungan
masyarakat sekitar. (Pkn)
§ Menyebutkan
contoh aturan – aturan yang berlaku di lingkungan masyarakat sekitar.
§ Melaksanakan
aturan – aturan yang berlaku di lingkungan masyarakat sekitar.
§ Melakukan
penjumlahan dan pengurangan tiga angka. (Matematika)
§ Memainkan alat
musik ritmis sederhana. (Seni-Budaya dan Keterampilan: Musik)
§ Menyanyikan lagu
wajib, lagu daerah dan lagu anak – anak dengan atau tanpa iringan sederhana.
§Menceritakan
pengalaman yang mengesankan dengan menggunakan kalimat yang runtut dan mudah
dipahami. (Bahasa Indonesia: Berbicara)
§ Menjelaskan urutan membuat atau melakukan sesuatu dengan
kalimat yang runtut dan mudah dipahami.
§ Membaca nyaring teks (20 – 25 kalimat) dengan lafal dan
intonasi yang tepat. (Bahasa Indonesia: Membaca)
§ Menyusun paragraf berdasarkan bahan yang tersedia dengan
memperhatikan penggunaan ejaan. (Bahasa Indonesia: Menulis)
§ Mengidentifikasi sifat-sifat benda berdasarkan pengamatan
meliputi benda padat, cair dan gas. (IPA)
§ Menceritakan lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah
dan sekolah. (IPS)
§ Memelihara lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah.
§ Membuat denah dan peta lingkungan rumah dan sekolah.
§ Mempraktikkan kombinasi berbagai pola gerak jalan dan
lari dalam permainan sederhana, serta aturan dan kerjasama. (Orjaskes)
§ Menjaga kebersihan pakaian.
§ Mengenal kebutuhan tidur dan istirahat.
II. INDIKATOR
§ Mengenal aturan yang berlaku di rumah agar lingkungan rumah bersih,
nyaman dan sehat. (Pkn)
§ Menyebutkan contoh aturan yang berlaku di rumah yang bersih dan sehat.
§ Melaksanakan aturan yang berlaku di rumah.
§ Melakukan penjumlahan dan pengurangan tiga angka secara
bersusun pendek. (Matematika)
§ Melakukan penjumlahan dan pengurangan tiga angka secara
bersusun panjang.
§ Melakukan penjumlahan dan pengurangan tiga angka melalui
soal cerita.
§ Memainkan alat musik ritmis sederhana. (Seni-Budaya
dan Keterampilan: Musik)
§ Menyanyikan lagu wajib, lagu daerah dan lagu anak – anak
dengan atau tanpa iringan sederhana.
§ Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman dan petunjuk
dengan bercerita. (Bahasa Indonesia)
§ Memberikan tanggapan/saran menggunakan kalimat
yang runtut dan mudah dipahami.
§ Menjelaskan urutan membuat atau melakukan sesuatu dengan
kalimat yang runtut dan mudah dipahami.
§ Menceritakan pengalaman yang mengesankan dengan
menggunakan kalimat yang runtut dan mudah dipahami.
§ Memahami teks dengan membaca nyaring, membaca intensif
dan membaca dongeng.
§ Menyusun kalimat berdasarkan pengalaman yang diamati.
§ Mengidentifikasi benda padat, cair dan gas yang ada di
rumah. (IPA)
§ Mengidentifikasi benda yang terbuat dari plastik, kayu,
kaca dan kertas yang ada di rumah.
§ Menjelaskan kegunaan benda plastik, kayu, kaca dan kertas
yang ada di rumah.
§ Mengidentifikasi lingkungan alam dan buatan di sekitar
rumah. (IPS)
§ Memelihara lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah.
§ Membuat denah dan peta lingkungan rumah.
§ Mempraktekkan kombinasi gerak dasar melempar, menangkap
dan menendang dengan koordinasi yang baik dalam permainan sederhana, serta
aturan dan kerjasama. (Orjaskes)
§ Menjaga kebersihan pakaian.
§ Mengenal kebutuhan tidur dan istirahat.
III. LANGKAH PEMBELAJARAN
1. Kegiatan Awal/Pendahuluan
a. Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan keyakinan masing-masing.
b. Bertanya jawab tentang kegiatan
siswa ketika bangun pagi (di rumah) dikaitkan dengan kebersihan tubuh.
c. Mengajak siswa menyanyikan lagu
“bangun tidur” sambil menggerakkan anggota badan sesuai dengan syair lagu. (Orjaskes,
Se-Bud)
d. Setelah selesai
bernyanyi, siswa diajak bertanya jawab tentang kegiatan-kegiatan apa saja yang
dilakukan siswa seperti dalam syair lagu, dan dikaitkan dengan kebiasaan yang ada di
keluarga (misalnya siapa yang biasanya mandi cepat, siapa yang mandi dulu dsb).
(Orjaskes, BI, IPS dan PKn)
e. Menginformasikan tema yang akan dipelajari bersama (Rumahku).
2.
Kegiatan Inti
(Pendekatan Cooperative
Learning dengan Teknik Number Head Together/NHT)
a. Bertanya jawab tentang aturan di
rumah sejak bangun pagi hari sampai akan berangkat ke sekolah dan tentang
cara-cara agar rumah tetap bersih. (PKn, IPS, IPA dan BI)
b. Bersama-sama siswa
mengidentifikasi aturan-aturan yang berlaku di setiap keluarga masing-masing
siswa. (PKn, BI)
c. Semua siswa ditugaskan menulis di
buku masing-masing hasil identifikasinya. (BI, IPS dan PKn)
d. Semua siswa diajak mengamati
gambar suasana kerja bakti di rumah (halaman 30), dilanjutkan dengan bertanya
jawab: Apakah siswa pernah melaksanakan kerja bakti di rumah? Apa saja yang dilakukan dalam kerja bakti itu? (PKn,
BI, IPA, IPS)
e. Menugaskan siswa secara bergantian untuk membaca wacana
”Rumahku bersih dan nyaman” dengan keras bergantian (tidak perlu sampai
habis) dan semua siswa yang lain menyimak serta mendengarkan.
f. Setelah selesai membaca, dilanjutkan dengan bertanya
jawab isi bacaan dan mengidentifikasi macam-macam bagian-bagian rumah
yang harus dibersihkan.
g. Semua siswa ditugaskan untuk menuliskan inti bacaan
(pokok-pokok yang terkait dengan lingkungan rumah yang bersih dan nyaman).
h. Siswa diberi kesempatan memberikan pendapat, komentar
tentang kebersihan lingkungan rumah dalam bacaan dikaitkan dengan suasana di
rumah masing-masing siswa. (PKn, BI, IPS, IPA, Mat)
i. Menugaskan semua siswa untuk berkelompok dengan teman
sebangkunya (berdua) dan masing-masing siswa saling menceritakan aturan apa
saja yang ada di rumahnya sendiri, bagaimana supaya rumahnya bersih dan sehat.
j. Siswa mencatat, menuliskan macam-macam aturan tersebut di
bukunya masing-masing.
k. Setelah semua siswa mempunyai catatan, dilanjutkan dengan
diskusi dengan teman dua bangku (berempat) dan masing-masing siswa menceritakan
hasil diskusi (ketika berpasangan berdua) dibandingkan dengan pasangan lain. (BI,
PKn, IPS, IPA, Mat)
l. Seluruh kelompok (siswa berempat) diminta untuk
menghitung dirinya sendiri (1 sampai dengan 4) dan masing-masing siswa
diyakinkan memiliki catatan hasil diskusi.
m. Guru memanggil salah satu nomor untuk membacakan atau
melaporkan hasil diskusinya.
n. Siswa lain diberi kesempatan untuk memberikan
komentar/pendapat disesuaikan dengan hasil diskusinya sendiri.
o. Setelah selesai berdiskusi, semua siswa kembali ke posisi
duduk semula kemudian guru memberikan klarifikasi tentang cara-cara agar
rumah menjadi bersih dan nyaman dan cara agar semua anggota keluarga di rumah
saling membantu serta bekerjasama membersihkan lingkungan sekitar (baik di rumah
maupun di sekolah).
p. Guru juga menjelaskan supaya tanaman di lingkungan rumah
dapat tumbuh subur harus dirawat dan disiram dengan rajin agar dapat menambah
indahnya lingkungan rumah.
q. Akhir pelajaran guru menugaskan semua siswa untuk membentuk
kelompok dan setiap kelompok membuat/menulis benda yang bermanfaat untuk
kebersihan.
3. Kegiatan
Akhir/Penutup
a. Bersama-sama siswa
menyimpulkan hasil belajar sesuai dengan hasil klarifikasi.
b. Bertanya jawab untuk
mengetahui penguasaan materi yang telah dipelajari selama pembelajaran
(evaluasi hasil belajar).
c. Memberikan tugas PR
untuk mengidentifikasi aturan-aturan yang ada di rumah terkait dengan sekolah.
IV. ALAT DAN SUMBER BELAJAR
1. Gambar-gambar tentang rumah yang bersih dan nyaman.
2. Lingkungan keluarga.
3. Buku teks siswa
(Bahasa Indonesia, PKn, IPA/Sains, Matematika, Orjaskes, Seni-Budaya dan
Keterampilan, IPS dan Agama).
4. Kurikulum mata
pelajaran (Bahasa Indonesia, PKn, IPA/Sains, Matematika, Orjaskes, Seni-Budaya
dan Keterampilan, IPS dan Agama).
V. PENILAIAN
1. Penilaian lisan.
2. Penilaian tingkah
laku (pengamatan).
3. Penilaian produk.
4. Penilaian portofolio.
5. Penilaian tertulis obyektif.
6. Penilaian tertulis
subyektif.
7. Penilaian unjuk
kerja.
Mengetahui,
Guru Kelas 3
Kepala
Sekolah
Tidak ada komentar :
Posting Komentar