Rabu, 01 Januari 2014

A. Guru dan Pengembangan Kurikulum





1.         Pembelajaran dan Kurikulum
                 Banyak ahli mengemukakan bahwa pembelajaran merupakan implementasi kurikulum, tapi banyak juga yang mengemukakan bahwa pembelajaran itu sendiri merupakan kurikulum sebagai aksi/kegiatan.Untuk memperjelas hubungan antara pembelajaran dan kurikulum kita mulai dari melihat hakikat keduanya.
Hakikat pembelajaran :
·           Kegiatan yang dimaksudkan untuk membelajarkan pebelajar.
·           Program pembelajaran yang dirancang dan diimplementasikan sebagai suatu sistem.
·           Kegiatan yang dimaksudkan untuk memberikan pengalaman belajar.
·           Kegiatan yang mengarahkan pebelajar ke arah pencapaian tujuan pembelajaran.
·           Kegiatan yang melibatkan komponen-komponen tujuan, isi pelajaran, sistem penyajian, dan sistem evaluasi dan realisasi.

Hakikat kurikulum :
·           Kurikulum sebagai jalan memperoleh ijazah.
·           Kurikulum sebagai mata dan isi pelajaran.
·           Kurikulum sebagai rencana kegiatan pembelajaran.
·           Kurikulum sebagai hasil belajar.
·           Kurikulum sebagai pengalaman belajar.

               Dari mempertentangkan dan membandingkan hakikat kurikulum dan pembelajaran, kita dapat menyimpulkan bahwa pembelajaran dan kurikulum merupakan dua konsep yang tak terpisahkan satu dengan yang lain.


Tidak ada komentar :

Posting Komentar