Klasifikasi
strategi pembelajaran adalah pengelompokan strategi pembelajaran berdasarkan
segi-segi yang sejenis yang terdapat dalam setiap strategi pembelajaran. Strategi
dapat diklasifikasikan menjadi 5, yaitu: strategi pembelajaran langsung (direct
instruction), tidak langsung (indirectinstruction), interaktif,
mandiri, melalui pengalaman (experimental).
a. Strategi Pembelajaran Langsung (direct
instruction)
Strategi
pembelajaran langsung merupakan pembelajaran yang banyak diarahkan oleh guru.
Strategi ini efektif untuk menentukan informasi atau membangun keterampilan
tahap demi tahap. Pembelajaran langsung biasanya bersifat deduktif. Kelebihan
strategi ini adalah mudah untuk direncanakan dan digunakan, sedangkan kelemahan
utamanya dalam mengembangkan kemampuan-kemampuan, proses-proses, dan sikap yang
diperlukan untuk pemikiran kritis dan hubungan interpersonal serta belajar
kelompok. Agar peserta didik dapat mengembangkan sikap dan pemikiran kritis,
strategi pembelajaran langsung perlu dikombinasikan dengan strategi
pembelajaran yang lain.
b. Strategi
Pembelajaran Tidak Langsung (indirectinstruction)
Strategi
pembelajaran tak langsung sering disebut inkuiri, induktif, pemecahan masalah,
pengambilan keputusan dan penemuan. Berlawanan dengan strategi pembelajaran
langsung, pembelajaran tak langsung umumnya berpusat pada peserta didik,
meskipun dua strategi tersebut dapat saling melengkapi. Peranan guru bergeser
dari seorang penceramah menjadi fasilitator. Guru mengelola lingkungan belajar
dan memberikan kesempatan peserta didik untuk terlibat. Kelebihan
dari strategi ini antara lain: (1) mendorong ketertarikan dan keingintahuan
peserta didik, (2) menciptakan alternatif dan menyelesaikan masalah, (3)
mendorong kreativitas dan pengembangan keterampilan interpersonal dan kemampuan
yang lain, (4) pemahaman yang lebih baik, (5) mengekspresikan pemahaman.
Sedangkan kekurangan dari pembelajaran ini adalah memerlukan waktu panjang, outcome sulit
diprediksi. Strategi pembelajaran ini juga tidak cocok apabila peserta
didik perlu mengingat materi dengan cepat.
c. Strategi pembelajaran interaktif
Pembelajaran
interaktif menekankan pada diskusi dan sharing di antara
peserta didik. Diskusi dan sharing memberi kesempatan peserta
didik untuk bereaksi terhadap gagasan, pengalaman, pendekatan dan pengetahuan
guru atau temannya dan untuk membangun cara alternatif untuk berfikir dan
merasakan. Kelebihan strategi ini antara lain: (1) peserta didik dapat belajar
dari temannya dan guru untuk membangun keterampilan sosial dan
kemampuan-kemampuan, (2) mengorganisasikan pemikiran dan membangun argumen yang
rasional. Strategi pembelajaran interaktif memungkinkan untuk menjangkau
kelompok-kelompok dan metode-metode interaktif. Kekurangan dari strategi
ini sangat bergantung pada kecakapan guru dalam menyusun dan
mengembangkan dinamika kelompok.
d. Strategi pembelajaran empirik (experiential)
Pembelajaran
empirik berorientasi pada kegiatan induktif, berpusat pada peserta didik, dan
berbasis aktivitas. Refleksi pribadi tentang pengalaman dan formulasi
perencanaan menuju penerapan pada konteks yang lain merupakan faktor kritis
dalam pembelajaran empirik yang efektif. Kelebihan dari startegi ini antara lain:
(1) meningkatkan partisipasi peserta didik, (2) meningkatkan sifat kritis
peserta didik, (3) meningkatkan analisis peserta didik, dapat menerapkan
pembelajaran pada situasi yang lain. Sedangkan kekurangan dari strategi ini
adalah penekanan hanya pada proses bukan pada hasil, keamanan siswa, biaya yang
mahal, dan memerlukan waktu yang panjang.
e. Strategi
pembelajaran mandiri
Belajar
mandiri merupakan strategi pembelajaran yang bertujuan untuk membangun
inisiatif individu, kemandirian, dan peningkatan diri. Fokusnya adalah pada
perencanaan belajar mandiri oleh peserta didik dengan bantuan guru. Belajar
mandiri juga bisa dilakukan dengan teman atau sebagai bagian dari kelompok
kecil. Kelebihan dari pembelajaran ini adalah membentuk peserta didik yang
mandiri dan bertanggunggjawab. Sedangkan kekurangannya adalah peserta MI belum
dewasa, sehingga sulit menggunakan pembelajaran mandiri.
Tidak ada komentar :
Posting Komentar