Ciri-ciri pembelajaran terdiri dari lima
macam yaitu, motivasi belajar, bahan belajar, alat bantu belajar, suasana
belajar, dan kondisi belajar. ciri-ciri pembelajaran tersebut harus
diperhatikan dalam proses belajar mengajar. Secara singkat ciri-ciri pembelajaran
dijelaskan sebagai berikut:
1)
Motivasi belajar
Dalam kegiatan belajar mengajar bila
seorang siswa tidak dapat melakukan tugas pembelajaran, maka perlu dilakukan
upaya untuk menemukan sebab-sebabnya dan kemudian mendorong siswa tersebut mau
melakukan tugas ajar dari guru. Dengan kata lain siswa terswbut perlu diberi
rangsangan agar tumbuh motivasi pada dirinya.
Motivasi dapat dikatakan sebagai serangkaian usaha untuk menyediakan kondisi-kondisi tertentu, sehingga seseorang mau dan ingin melakukan sesuatu dan bila tidak suka, maka akan berusaha untuk mengelakkan perasaan tidak suka tersebut. Jadi motivasi dapat dirangsang oleh faktor luar, tetapi motivasi itu tumbuh dalam diri seseorang. Dalam kegiatan belajar, maka motivasi dapat dikatakan seebagai keseluruhan daya penggerak didalam dri seseorang yang menimbulkan kegiatan belajar sehingga tujuan yang dikehendaki oleh siswa dapat tercapai.
Motivasi dapat dikatakan sebagai serangkaian usaha untuk menyediakan kondisi-kondisi tertentu, sehingga seseorang mau dan ingin melakukan sesuatu dan bila tidak suka, maka akan berusaha untuk mengelakkan perasaan tidak suka tersebut. Jadi motivasi dapat dirangsang oleh faktor luar, tetapi motivasi itu tumbuh dalam diri seseorang. Dalam kegiatan belajar, maka motivasi dapat dikatakan seebagai keseluruhan daya penggerak didalam dri seseorang yang menimbulkan kegiatan belajar sehingga tujuan yang dikehendaki oleh siswa dapat tercapai.
2)
Bahan belajar
Bahan belajar merupakan isi dalam
pembelajaran. Bahan atau meteri belajar perlu berorientasi pada tujuan yang
akan dicapai siswa dan memperhatikan karakteristik siswa agar dapat diminati
siswa.
Bahan
pengajaran merupakan segala informasi yang berupa fakta, prinsip dan konsep
yang diperlukan untuk mencapai tujuan pembelajaran. Selain bahan yang berupa
informasi, maka perlu diushakan isi pengajaran dapat merangsang daya cipta atau
yang bersifat menantang agar menumbuhkan dorongan pada diri siswa untuk
menemukan atau memecahkan masalah yang dihadapi dalam pembelajaran.
3)
Alat bantu belajar
Alat bantu belajar atau media belajar
merupakan alat-alat yang dapat membantu siswa belajar untuk mencapai tujuan
belajar. alat bantu pembelajaran adalah semua alat yang digunakan dalam
kegiatan belajar mengajar dengan maksud menyampaikan pesan dari guru kepada siswa.
Guru harus berusaha agar materi yang disampaikan atau disajikan mampu diserap
dengan mudah oleh siswa. Apabila pengajaran disampaikan dengan bantuan
alat-alat yang menarik, maka siswa akan merasa senang dan pembelajaran dapat
berlangsung dengan baik.
4)
Suasana belajar
Suasanaa belajar sangat penting dan
akan berpengaruh terhadap pencapaian tujuan pembelajaran. Suasana belajar akan
berjalan dengan baik, apabila terjadi komunikasi dua arah yaitu antara guru
dengan siswa. Disamping itu juga, adanya kegairahan dan kegembiraan belajar.
Suasana belajar mengajar akan berlangsung dengan baik, dan isi pelajaran
disesuaikan dengan karakteristik siswa, maka tujuan pembelajaran dapat tercapai
dengan baik.
5)
Kondidi siswa yang belajar
Siswa atau anak memiliki sifat yang unik atau
sifat yang berbeda, tetapi juga memiliki kesamaan yaitu memiliki
langkah-langkah perkembangan dan memiliki potensi yang perlu diaktualisasi
melalui pembelajaran. Dengan kondisi siswa yang demikian akan dapat berpengaruh
pada partisipasi siswa dalam proses belajar. untuk itu, kegiatan pengajaran
lebih menekankan pada peranan dan partisipasi siswa bukan peran guru yang
dominan, tetapi lebih berperan sebagai fasilitator, motivator, dan sebagai
pembimbing.
Tidak ada komentar :
Posting Komentar