Sabtu, 20 Oktober 2012

Kapan Indonesia seperti Brunei???


Kapan Indonesia seperti Brunei???
Pada kesempatan kali ini yang kami bahas adalah masalah kesuksesan negeri Brunei Darussalam. Siapa yang tidak mengetahui negeri Brunei ? Negeri yang belum lama merdeka ini sudah bisa dibilang lebih maju dari Indonesia.
Brunei adalah negara berdaulat di Asia Tenggara yang terletak di pantai utara pulau Kalimantan. Negara ini memiliki wilayah seluas 5.765 km² yang menempati pulau Kalimantan dengan garis pantai seluruhnya menyentuh Laut Cina Selatan. Wilayahnya dipisahkan ke dalam dua bagian oleh negara bagian di Malaysia yaitu Sarawak.
Brunei memiliki Indeks Pembangunan Manusia tertinggi kedua di Asia Tenggara setelah Singapura, sehingga diklasifikasikan sebagai negara maju. Brunei juga terkenal dengan kemakmurannya dan ketegasan dalam melaksanakan syariat Islam, baik dalam bidang pemerintahan maupun kehidupan bermasyarakat.

Politik

Kerajaan Brunei Darussalam adalah negara yang memiliki corak pemerintahan monarki absolut dengan Sultan yang menjabat sebagai Kepala Negara dan Kepala Pemerintahan, merangkap seagai Perdana Menteri dan Menteri Pertahanan dengan dibantu oleh Dewan Penasihat Kesultanan dan beberapa Menteri. Sultan Hassanal Bolkiah yang gelarnya diturunkan dalam wangsa yang sama sejak abad ke-15.

Geografi

Brunei terdiri dari dua bagian yang tidak berkaitan; 97% dari jumlah penduduknya tinggal di bagian barat yang lebih besar, dengan hanya kira-kira 10.000 orang tinggal di daerah Temburong, yaitu bagian timur yang bergunung-gunung. Jumlah penduduk Brunei 383.000 orang. Iklim Brunei ialah tropis khatulistiwa, dengan suhu serta kelembapan yang tinggi, dan sinar matahari serta hujan lebat sepanjang tahun.

Ekonomi

Ekonomi Brunei Darussalam bertumpu pada sektor minyak bumi dan gas dengan pendapatan nasional yang termasuk tinggi di dunia satuan mata uangnya adalah Brunei Dolar yang memiliki nilai sama dengan Dolar Singapura. Selain bertumpu pada sektor minyak bumi dan gas, pemerintah Brunei mencoba melakukan diversifikasi sumber-sumber ekonomi melalui upaya peningkatan di bidang perdagangan dan Industri.
Pengeluran minyak mentah dan gas alam terdiri dari hampir setengah PDB. Pendapatan yang cukup besar pekerjaan luar negeri menambah pendapatan daripada pengeluaran dalam negeri. Kerajaan membekali semua layanan pengobatan dan memberikan subsidi beras dan perumahan. Pemimpin-pemimpin Brunei merasa bimbang bahwa keterpaduan dengan ekonomi dunia yang semakin bertambah akan mempengaruhi perpaduan sosial dalam, walaupun Brunei telah memainkan peranan yang lebih kentara dengan menjadi ketua forum APEC pada tahun 2000. Rancangan-rancangan yang dinyatakan untuk masa hadapan termasuk peningkatan keterampilan tenaga buruh, pengurangan pengangguran, pengukuhan sektor-sektor perbankan dan pariwisata, serta secara umum, peluasan lagi azas ekonominya. Sistem Penerbangan Brunei Diraja, sistem penerbangan negara, sedang mencoba menjadikan Brunei sebagai pusat perjalanan internasional antara Eropa dan Australia/Selandia Baru. Ia juga mempunyai layanan ke tujuan-tujuan Asia yang utama.

Budaya

Budaya Brunei seakan sama dengan budaya Melayu, dengan pengaruh kuat dari Hindu dan Islam, tetapi kelihatan lebih konservatif dibandingkan Malaysia. Penjualan dan penggunaan alkohol diharamkan. Setelah pemberlakuan larangan pada awal 1990-an, semua pub dan kelab malam dipaksa tutup.
Setelah dipaparkan diatas, mungkin timbul pertanyaan dari kita, mengapa Indonesia tidak bisa seperti Negeri brunei ?? jawabannya adalah karena Indonesia terlalu sering terjadi permusuhan antar ras, serta manusia Indonesia tidak bisa memanfaatkan sumber daya alam yang ada. Padahal Indonesia terkenal dengan kekayaan alam yang melimpah. Sampai-sampai di zaman presiden Sueharto Negara kita disebut Surga nya dunia. Karena disamping panorama yang khas, serta alam yang indah, masih banyak hutan yang hijau.
Mestinya Indonesia berkaca dari Negara yang sekarang mulai berkembang menjadi Negara maju seperti Brunei. Sebenarnya Indonesia pasti bisa, hanya saja manusia nya yang belum bisa memanfaatkan kekayaan alam sendiri. Kita masih dikendalikan oleh orang asing. Disisi lain kita sebagai manusia yang beradab juga harus mempertahankan peradaban yang ada di Indonesia.
Solusi dari permasalahan ini adalah yang pertama kembali pada kesadaran diri sendiri, yang kedua, kita harus menumbuhkan patriotisme yang tinggi, yang ketiga, kita harus bisa menjadi masyarakat yang disiplin dalam segala hal. Karena Negara yang maju itu tidak lepas dari kedisiplinan masyarakat nya yang tinggi. Yang keempat, Pemimpin di Indonesia harus mempunyai sifat dan sikap serta pemikiran untuk memajukan Negara kita yang tercinta ini. Yang ke lima, peradaban yang ada di Indonesia harus dipertahankan agar semakin lama Negara kita semakin dihargai akan kekayaan alam berupa peradaban nya.
Masih banyak lagi solusi nya, namun menurut kami ini lah beberapa solusi yang harus diterapkan oleh Indonesia. Semoga kedepannya kelak Negara Indonesia bisa menjadi Negara yang maju dan dikenal di dunia akan kekayaan alamnya.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar