Rabu, 29 Mei 2013

25 Mei 2013 :)

Ini pertama kalinya aku nari di umurku yang ke 18 tahun :D
padahal terakhir nari waktu itu kelas 3 SMP


ini aku Retno Fajarwati


Retno Fajarwati

Bapak Martono with me

Trio kece :D

With my friends


Standar Kompetensi Tatalaksana



Standar Kompetensi Tatalaksana
 
Staf tatalaksan harus memiliki kompetensi tertentu. Mereka harus mampu tampil selayaknya tenaga professional pada umumnya, meski tentu urusan mereka banyak berkaitan dengan masalah-masalah teknis. Karenanya, mereka yang melaksanakan tugas pokok dan fungsi di bidang ini harus mampu tampil secara professional dan memiliki keterampilan tingkat tinggi. Keberadaan staf tatalaksana sekolah lazimnya di sebut tenaga tata usaha sekolah sangat dipentingkan dalam rangka mendukung proses pembelajaran. Tugas tugas dan fungsi staf tatalaksana sekolah di jenjang pendidikan dasar dan menengah idealnya tidak boleh dilakukan oleh guru SD,SMP dan SMA atau yang sederajat. Pekerjanya bersifat administratif yang tunduk pada aturan yang sifatnya khusus, merupakan pekerjaan pelayanan untuk kelancaran proses pembelajaran. Mereka memerlukan kemampuan dan keterampilan yang berbeda dengan kompetensi yang disyaratkan untuk pendidik
Seperti di kemukakan oleh Wukir Ragil (2008), sesuai aturan kepegawaian, tugas staf tatalaksana sekolah pada jenjang pendidikan dasar dan menengah tidak boleh dirangkap oleh tenaga fungsional yang lain. Keberadaan staf tata usaha merupakan bagian integral dari subsistem lain. Subsistem tersebut antara lain meliputi siswa, guru, administrator sekolah, laboran, pustakawan, instruktur, bendahara sekolah, penjaga sekolah,dan lain-lain. Subsistem ini tidak berada pada konteks yang kosong, karena mereka baik bersama-sama maupun individual mendayagunakan buku pelajaran, kurikulum, masyarakat, lingkungan sekolah, kebijakan pemerintah, aturan/tata tertib sekolah, dan lain-lain.
Seluruh subsistem tersebut sangat berperan dan saling mempengaruhi sehingga proses pembelajaran dapat berlangsung sesuai dengan rencana yang telah disusun. Atas dasar itu, diharapkan tujuan pendidikan dan pembelajaran dapat di capai, dan dampaknya bisa dirasakan.
Karena keberadaan staf tatausaha juga sangat penting dalam mencapai tujuan pendidikan, telah ditetapkan Peraturan Mentri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 24 Tahun2008 Tanggal 11 Juni 2008 tentang Staf Administrasi Sekolah. Penentuan standar ini wajib dipenuhi, agar dapat mengimbangi pelayanan yang dilakukan oleh kepala sekolah, guru, dan staf lainnya bagi terselenggaranya proses pendidikan dan pembelajaran. Di samping itu, yang tidak kalah pentingnya adalah prinsip fokus pada penyelarasan kewenangan dan tanggung jawab sebagai kunci peningkatan kinerja. Tenaga administrasi sekolah di samping memenuhi standar kualifikasi juga diperlukan kompetensi untuk mengimbangi kualifikasi dan kompetensi yang di miliki oleh guru dan tenaga kependidikan lainnya.
Standar kualifikasi yang harus dipenuhi meliputi kualifikasi pendidikan dan sertifikat kepala staf tatalaksana sekolah (khusus bagi kepala administrasi staf tatalaksana sekolah) yang masing-masing berbeda untuk setiap jenjang pendidikan. Staf tata usaha paling rendah berpendidikan SMP yaitu bagi tenaga atau petugas layanan khusus seperti tukang kebun, penjaga sekolah, tenaga kebersihan, pengemudi, dan pesuruh. Standar kompetensi di maksud meliputi : kepribadian,social,teknis,dan managerial (khusus untuk kepala staf tatalaksana sekolah). Sesuai dengan Peraturan Mentri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2008 tentang Standar Staf Administrasi Sekolah, kompetensi yang harus dipenuhi oleh staf tata usaha atau staf administrasi sekolah disajikan berikut ini :
1.      Kompetensi kepribadian meliputi memiliki integritas dan akhlak mulia, etos kerja, pengendalian diri, percaya diri, fleksibilitas, ketelitian, kedisiplinan, kreatif dan inovasi, tanggung jawab.
2.      Kompetensi sosial meliputi kemampuan bekerja dalam tim, pelayanan prima, kesadaran berorganisasi, berkomunikasi efektif, dan membangun hubungan kerja
3.      Kompetensi teknis meliputi kemampuan melaksanakan administrasi kepegawaian, keuangan, sarana prasarana, hubungan sekolah dengan masyarakat, persuratan dan pengarsipan, administrasi kesiswaan, administrasi kurikulum, administrasi layanan khusus, dan penerapan teknologi informasi dan komunikasi
4.      Kompetensi manajerial (khusus bagi kepala staf tatalaksana sekolah) meliputi kemampuan mendukung pengelolaan standar nasional pendidikan, menyusun program dan laporan kerja, mengorganisasikan staf, mengembangkan staf, mengambil keputusan, menciptakan iklim kerja yang kondusif, mengoptimalkan pemanfaatan sumber daya, membina staf, mengelola konflik, dan menyusun laporan.
Masing-masing kompetensi di atas perlu dijabarkan dalam subkompetensi yang lebih rinci agar dapat dilaksanakan sesuai dengan tugas dan fungsi dalam setiap jenis dan jabatan administrasi sekolah/madrasah dalam menunjang proses pembelajaran. Sesuai dengan fungsi-fungsi manajemen,penjabaran kompetensi dalam subsub yang lebih runic ini menggambarkan pembagian tugas dan tanggung jawab sesuai dengan kemampuan dan tingkat wewenangnya sehingga sesuai dengan jenis tugas dan tanggung jawab telah dibagi habis untuk dilaksanakan.
Peraturan Mendiknas 24 Tahun 2008 tersebut member kelonggaran kepada penyelenggara sekolah untuk menetapkan perangkapan jabatan apabila dikehendaki. Hal ini dimungkinkan karena keterbatasan sumber daya manusia pada setiapsekolah/madrasa. Juga, perangkapan itu dimungkinkan karena pertimbangan keterbatasan finansial.
Sesungguhnya, berdasarkan ketentuan kepegawaian, perangkapan jabatan ini tidak diperkenankan. Namun, harus diperhatikan dalam pengadaan pegawai ada prinsip bahwa setiap pegawai negeri sipil (PNS) harus memenuhi jam wajib kerja 37,5 jam per minggu, 1.800 jam per tahun, atau ekwivalen dengan 7.200 selama empat tahun. Ketentuan ini terkait dengan system kepangkatan untuk pegawai negeri sipil yang secara regular naik pangkat setiap empat tahunan.

Sabtu, 04 Mei 2013

Quantitative adjective (kata sifat yang menerangkan jumlah suatu benda)


Quantitative adjective (kata sifat yang menerangkan jumlah suatu benda) 



A Little
·         Kata ini dipakai untuk benda yang tidak bisa dihitung (it is used for objects that uncountable) . seperti (like) gula (sugar), garam (salt), uang (money ), air(water), dan lain-lain.
·          Kata a little mempunyai makna positif, dengan kata lain makna positif ini berarti si pembicara merasa puas, merasa cukup atas benda yang mengikuti sesudah kata a little tersebut. (a little has a positive meaning, in other words a positive meaning this means the speaker is satisfied, feeling quite the thing that follows after the word a little it.)
·         Contoh :
She needs a little sugar.= Dia membutuhkan sedikit gula.
I have a little money.=Saya mempunyai sedikit uang.

Jika kita mengatakan " I have a little money." Berarti si pembicara merasa puas, merasa cukup atas uang yang dimilikinya walaupun itu sedikit atau tidak banyak. Inilah yang dimaksud dari "makna positif" pada penjelasan saya di atas. (
If we say "I have a little money." Means the speaker is satisfied, feeling quite on the money even though it had little or not much. This is what is meant by "positive significance" in my explanation above.)
Little
Perlu diketahui bahwa a little dan little itu berbeda, walau dalam bahasa Indonesia memiliki arti yang sama yaitu 'sedikit' akan tetapi mempunyai makna yang berbeda. (Keep in mind that a little and little was different, even though in bahasa has the same meaning is 'sedikit ' but have different meanings)
·         little mempunyai makna negatif. ( little has a negative meaning)
·         Contoh : Jika kita mengatakan "I have little money", berarti si pembicara merasa tidak cukup, merasa tidak puas atau merasa tidak senang atas uang yang ia miliki tersebut.
(If we say "I have little money", meaning the speaker was not enough, feel dissatisfied or unhappy over the money he had)

A Few
·         a few dipakai untuk benda yang bisa dihitung atau countable nouns. (it is used for countable nouns)
·         Contoh : Doni has a few books.
·         Perhatikan contoh-contoh di atas, setelah kata a few terdapat kata benda yang bisa dihitung, di samping itu perlu juga diperhatikan bahwa, kata benda sesudahnya haruslah berbentuk jamak. (Consider the example , after a few words are nouns that can be counted, in addition, it should also be noted that, after the noun should be plural)
·         A few mempunyai makna positif ( a few has a positive meaning)
·         Digunakan untuk menunjukkan kuantitas yang sedikit (Used to show a small quantity)

Few
·         A few untuk benda yang bisa dihitung (it is used for countable nouns)
·         Mempunyai makna negative ( few has a negative meaning)
·         Kata benda setelah kata few harus berbentuk jamak (Nouns after the few words should be plural)
·         Contoh:
I  have few books.
Pada kalimat ini berarti si pembicara tidak merasa cukup, tidak merasa senang dan juga puas atas buku yang ia miliki, (
At this sentence means the speaker does not feel enough, do not feel happy and satisfied with the book that he had)


A lot of (banyak)
Digunakan untuk countable nouns dan
uncountable nouns (kata benda yang dapat di hitung dan tidak dapat di hitung). Dan biasanya dipakai dalam kalimat Posittive (sebagai pengganti dari many dan much). (Used for countable nouns and uncountable nouns. And is usually used in the phrase Posittive (in lieu of the many and much).)
Contoh :
  • I have a lot of friends = saya mempunyai banyak teman
  • We bought a lot of milk yesterday = kemarin kami membeli banyak susu


Lots of (banyak)
Digunakan untuk countable dan uncountable nouns (kata benda yang dapat dihitung dan yang tidak dapat dihitung). Dan biasanya dipakai dalam kalimat Positive. (
Used for countable and uncountable nouns and is usually used in the phrase Positive.)
Contoh :
  • He has lots of shirts = dia mempunyai banyak kemeja
  • There are lots of chairs there = ada banyak kursi di sana


Plenty of (banyak)
Digunakan untuk countable nouns dan uncountable nouns (kata benda yang dapat dihitung dan yang tidak dapat dihitung). Dan biasanya dipakai dalam kalimat Positive.
Contoh :
  • We have plenty of English books = kami mempunyai banyak buku bahasa Inggris
  • There is plenty of fruit in the cupboard = ada banyak buah di dalam almari


Rumus bangun datar


Rumus bangun datar
Rumus Bangun Datar
  • Rumus Persegi
Luas = s x s = s2
Keliling = 4 x s
dengan s = panjang sisi persegi
  • Rumus Persegi Panjang
Luas = p x l
Keliling = 2p + 2l = 2 x (p + l)
dengan p = panjang persegi panjang, dan l = lebar persegi panjang
  • Rumus Segitiga
Luas = ½ x a x t
dengan a = panjang alas segitiga, dan t = tinggi segitiga
Panjang sisi miring segitiga siku-siku dicari dengan rumus Phytagoras (A2 + B2 = C2)
  • Rumus Jajar Genjang
Luas = a x t
dengan a = panjang alas jajargenjang, dan t = tinggi jajargenjang
  • Rumus Trapesium
Luas = ½ x (s1 + s2) x t
dengan s1 dan s2 = sisi-sisi sejajar pada trapesium, dan t = tinggi trapesium
  • Rumus Layang-layang
Luas = ½ x diagonal (d) 1 x diagonal (d) 2
  • Rumus Belah Ketupat
Luas = ½ x diagonal (d) 1 x diagonal (d) 2
  • Rumus Lingkaran
Luas = π (pi) x jari-jari (r) 2
      = πr2
Sifat-sifat bangun datar
  • Layang-layang = terbagi atas 2 digonal yang berbeda ukurannya
  • Persegi = semua sisi-sisinya sama panjang, semua sudut sama besar
  • Persegi panjang = sisi yang behadapan sama panjang, semua sudut sama besar
  • Belah ketupat = semua sisi-sisinya sama panjang, sudut yang berhadapan sama besar
  • Jajar genjang = sisi yang berhadapan sama panjang, sudut yang berhadapan sama besar
  • Lingkaran = memiliki simetri lipat dan simetri putar yang tak terhingga jumlahnya





* Persegi :
- Memiliki sisi sama panjang
- Memiliki sudut siku-siku yang sama besar (membentuk sudut 90°)
- Sudut - sudutnya dibagi dua sama besar oleh diagonal, sehingga diagonal-diagonalnya merupakan sumbu simetri

* Persegi panjang :
- Memiliki empat titik sudut
- Diagonal-diagonalnya sama panjang dan berpotongan serta saling membagi dua sama
panjang
- Sisi yang berhadapan sama panjang dan sejajar

* Segitiga :
- Dibentuk oleh tiga titik yang tidak segaris

* Jajargenjang :
- Sudut-sudut yang berhadapan sama besar
- Jumlah besar sudut-sudut yang berdekatan adalah 180°
- Kedua diagonal saling membagi dua sama panjang
- Sisi-sisi yang saling berhadap-hadapan adalah sama panjang serta sejajar

* Belah ketupat :
- Semua sisinya sama panjang
- Sudut- sudut yang berhadapan sama besar dan dibagi dua sama besar oleh diagonal- diagonalnya
- Kedua diagonal merupakan sumbu simetri
- Kedua diagonal saling membagi dua sama panjang dan saling berpotongan tegak lurus

* Layang-layang :
- Masing-masing sepasang sisinya sama panjang
- Salah satu diagonalnya membagi dua sama panjang diagonal lain dan tegak lurus dengan
diagonal itu
- Salah satu diagonalnya merupakan sumbu simetri

* Trapesium :
- Jumlah sudut yang berdekatan diantara dua sisi sejajar adalah 180°

* Lingkaran :
- Panjang diameter sama dengan dua kali jari-jarinya
- Panjang jari-jari setengah panjang diameternya empunyai simetri lipat dan simetri putar tak terhingga A
- Mempunyai besar sudut 360°
- Mempunyai sumbu simetri tak terhingga
- Mempunyai satu titik pusat

pada dasarnya semua bangun datar mempunyai sifat sama yaitu hanya dapat dilihat dr dua dimensi saja.

Persegi :
- punya 4 sisi sama panjang
- punya 4 sudut siku-siku & bila dijumlah hasilnya 360
- 4 simetris putar, 4 simetris lipat
- mempunyai 2 garis diagonal sama panjang & memotong tepat di tengah

Persegi panjang :
- 2 sisi-sisi yg berhadapan sama panjang
- 4 sudut siku-siku & bila dijumlah hasilnya 360
- 2 simetris lipat, 2 simetris putar
- 2 garis diagonal sama panjang memotong di tengah bangun

Lingkaran :
- mempunyai jari-jari sama panjang & merupakan setengah dari diameter lingkaran
- lingkaran membentuk sudut penuh yaitu 360 derajat
- diameter membelah lingkaran menjadi 2 bangun 1/2 lingkaran sama besar
- diameter-diameter lingkaran bertemu di satu titik yaitu pusat lingkaran

Segitiga (sama sisi) :
- mempunyai 3 sisi sama panjang
- mempunyai sudut sama besar & bila dijumlah totalnya 180
- luasnya merupakan setengah dr persegi panjang yg sisi-sisinya adalah alas&tinggi segitiga tersebut

Trapesium :
- merupakan bangun segi empat
- mempunyai 2 sisi yg sejajar
- jumlah keempat sudutnya 360

Jajar Genjang :
- dua sisi-sisi yg berhadapan sama panjang
- mempunyai 2 pasang sudut sama besar & bila keempat sudut dijumlahkan totalnya 360
- mempunyai 2 garis diagonal sama panjang

Belah Ketupat :
- mempunyai 4 sisi sama panjang
- mempunyai 2 pasang sudut yg berhadapan sama besar & bila keempat sudut dijumlahkan totalnya 360
- mempunyai 2 garis diagonal sama panjang

Layang-layang :
- mempunya 2 pasang sisi sama panjang tetapi tidak saling berhadapan
- mempunyai sepasang sudut sama besar & berhadapan
- bila keempat sudut dijumlahkan totalnya 360
- mempunyai 2 garis diagonal tetapi tidak sama panjang
- perpotongan garis diagonalnya membentuk 4 sudut siku-siku
Sifat-Sifat Bangun DatarPersegi 

Persegi Panjang
Sifat - sifat :
  1. Memiliki 2 pasang sisi sejajar, berhadapan dan sama panjang
  2. Memiliki 4 sudut yang besarnya 90 derajat
  3. Memiliki 2 diagonal yang sama panjang 
  4. Memiliki 2 simetri lipat
  5. Memiliki Simetri putar tingkat 2

Persegi
Sifat - sifat :
  1. Memiliki 2 pasang sisi yang sejajar dan sama panjang
  2. Keempat sisinya sama panjang
  3. Keempat Sudutnya sama besar yaitu 90 derajat
  4. Memiliki 4 simetri lipat
  5. Memiliki simetri putar tingkat 4

Jajar Genjang
Sifat-sifat :
  1. Memiliki 2 pasang sisi yang sejajar dan sama panjang
  2. Memiliki 2 sudut tumpul dan 2 sudut lancip
  3. Sudut yang berhadapan sama panjang
  4. Diagonalnya tidak sama panjang
  5. Tidak memiliki simetri lipat
  6. Memiliki simetri putar tingkat 2
Belah Ketupat
Sifat - sifat :
  1. Keempat sisinya sama panjang
  2. Memiliki 2 pasang sudut yang berhadapan sama besar
  3. Diagonalnya berpotongan tegak lurus
  4. Memiliki 2 simetri lipat
  5. Memiliki simetri putar tingkat 2
Layang- layang
Sifat - sifat :
  1. Memiliki 2 pasang sisi yang sama panjang
  2. Memiliki 2 sudut yang sama besar
  3. Diagonalnya berpotongan tegak lurus
  4. Salah satu diagonalnya membagi diagonal yang lain sama panjang
  5. Memiliki 1 simetri lipat 
Trapesium
Sifat -sifat 
  1. Memiliki sepasang sisi yang sejajar tetapi tidak sama panjang
  2. Sudut - sudut diantara sisi sejajar besarnya 180 derajat
Trapesium dibedakan menjadi 3 yaitu :
Trapesium sama kaki : Sisi diantara sisi sejajar sama panjang. Memiliki 2 pasang sudut yang sama besar, diagonalnya sama panjang, Memiliki 1 simetri lipat.
Trapesium siku-siku : Memiliki 2 sudut siku-siku. Diagonalnya tidak sama panjang. Tidak memiliki simetri lipat.
Trapesium sembarang : Keempat sisinya tidak sama panjang, Keempat sudutnya tidak sama besar. Diagonalnya tidak sama panjang, Tidak memiliki simetri lipat.