1.
Pembelajaran
dan Kurikulum
Banyak ahli mengemukakan bahwa pembelajaran merupakan implementasi
kurikulum, tapi banyak juga yang mengemukakan bahwa pembelajaran itu sendiri
merupakan kurikulum sebagai aksi/kegiatan.Untuk memperjelas hubungan antara
pembelajaran dan kurikulum kita mulai dari melihat hakikat keduanya.
Hakikat
pembelajaran :
·
Kegiatan
yang dimaksudkan untuk membelajarkan pebelajar.
·
Program
pembelajaran yang dirancang dan diimplementasikan sebagai suatu sistem.
·
Kegiatan
yang dimaksudkan untuk memberikan pengalaman belajar.
·
Kegiatan
yang mengarahkan pebelajar ke arah pencapaian tujuan pembelajaran.
·
Kegiatan
yang melibatkan komponen-komponen tujuan, isi pelajaran, sistem penyajian, dan
sistem evaluasi dan realisasi.
Hakikat
kurikulum :
·
Kurikulum
sebagai jalan memperoleh ijazah.
·
Kurikulum
sebagai mata dan isi pelajaran.
·
Kurikulum
sebagai rencana kegiatan pembelajaran.
·
Kurikulum
sebagai hasil belajar.
·
Kurikulum
sebagai pengalaman belajar.
Dari mempertentangkan dan
membandingkan hakikat kurikulum dan pembelajaran, kita dapat menyimpulkan bahwa
pembelajaran dan kurikulum merupakan dua konsep yang tak terpisahkan satu
dengan yang lain.
Tidak ada komentar :
Posting Komentar